SUKOHARJO- Anggota Komisi B dan C DPRD Jateng menggelar kunjungan ke Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBTPH) Wilayah Surakarta, Selasa (31/10/2017). Kunjungan mendadak (sidak) yang diikuti Sekretaris Komisi C DPRD Jateng Tety Indarti, Anggota Fraksi NasDem DPRD Provinsi Jateng, Ronny Renaldu, dan Ketua Fraksi PKS Muhammad Rodhi (Komisi C DPRD Jateng) dan ditemui Kepala BBTPH Wilayah Surakarta, Neni Ernawati dan staf.
Hasil kunjungan ini adalah adanya peluang lembaga di bawah Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distanbun) Pemprov Jateng itu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) pada 2018. 
Rodhi mengungkapkan, tahun ini PAD yang mampu disetorkan BBTPH Wilayah Surakarta ke kas pemprov Jateng mencapai Rp 300 juta. Jumlah ini cukup besar untuk ukuran lembaga yang mendapatkan aliran dana yang tidak besar. 
“Dari percakapan dengan Kepala BBTPH Wilayah Surakarta, Neni Ernawati terungkap, bahwa potensi PAD bisa ditingkatkan lagi, tetapi tetap dengan dukungan anggaran yang proporsional untuk mendukung kinerja lembaga,” jelas Rodhi.
kunjungan-balai-skh-benih
Ketua Fraksi PKS ini berharap, BBTPH Wilayah Surakarta terus meningkatkan kinerjanya. Dengan begitu, kata Rodhi ketersediaan benih bisa terjaga, dan lembaga ini juga bisa memenuhi target. 
 
Tambah anggaran
 
Selama ini, aktivitas BBTPH Wilayah Surakarta adalah menjaga ketersediaan benih padi kelas BD. Berdasarkan data, ada 10 varitas benih yang tersedia, di antaranya Cigeulis, Way Apo Buru, Pepe, Situbagendit, Ciherang, Mekongga, Memberamo, Inpari Sidenuk, IR.64, dan Inpari.  Pada 2015, total benih yang tersedia mencapai 30.910, menjadi 36.220 dan 29.110 pada 2017.
Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Wilayah Surakarta yang berkantor di Jalan Raya Solo Yogya Km 15, Sraten, Gatak, Sukoharjo ini memiliki visi mewujudkan sistem pembenihan padi untuk mendukung pertanian berkelanjutan dan memiliki misi mendorong fungsi dan elemen terkait dalam bidang perbenihan padi untuk meningkatkan ketersediaan beni padi kelas BD. 
kunjungan-balai-benih-skh
 
Kepala BBTPH Wilayah Surakarta, Neni Ernawati berharap DPRD Jateng khususnya Komisi B dan C mendukung program-program yang sudah dirancang. Neni juga meminta para wakil rakyat ini memperjuangkan penganggaran untuk pengadaan alat transportasi dan rehab gedung, termasuk anggaran untuk kegiatan produktif. (*) 
skh-kunjungan-benih-balai
Bagikan:

One Reply to “Potensi PAD BBTPH Wilayah Surakarta Bisa Ditingkatkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *