SOLO – SMP Negeri 4 Surakarta membuat gebrakkan untuk terus melestarikan tradisi budaya Jawa. Sekolah yang dipimpin oleh Sri Wuryanti SPd MPd menggeber program unggulan sekolah yakni Patska Prebawa.
Makna yang terkandung dalam program ini adalah SMP Negeri 4 Surakarta wajib memiliki prestasi spesial tetapi juga menjunjung tinggi Budaya Jawa. Praktiknya antara lain, setiap saat sekolah ini menggelar seni tradisi di antaranya seni tari, seni karawitan, seni Wayang Orang, dan sebagainya. Setiap hari kamis, semua siswa, guru dan karyawan wajib Berbahasa Jawa.
Salah satu staf pengajar, Joko Susilo, mennadaskan, sekolah yang dinaunginya memang memiliki kepedulian yang luar biasa pada budaya Jawa.
“Siswa wajib membuat managemen tim, misalnya tim wayang orang, maka semua terlibat dalam proyek wayang orang. Ada yang jadi pengrawit, yang lain sebagai pemain wayang orang, ada juga sebagai sutradara, penulis naskah, perias, dan sebagainya. Semua dimanage siswa, tentunya dengan bimbingan guru sesuai bidangnya,” katanya.

Baca : Tinjauan ke Titik 0 Kilometer Indonesia

Baca : M Rodhi Sepakat Dipenuhinya Penambahan Fasilitas Asrama Haji Donohudan

Prestasi inilah yang kemudian ditampilkan dalam berbagai event seperti Gelar Karya Inovasi di Balai Kota belum lama ini. Seperti diketahui SMP Negeri 4 Surakarta sangat aktif pentas di Kreaso. Ajang tahun ini sekolah yang terletak di Kecamatan Banjarasari ini membawakan lakon Sang Srikandi, Dewa Ruci, Kumbokarno Gugur, dan yang terakhir Ampak-ampak Gunung Kendil, saat Hari Pahlawan di Balaikota Surakarta. Prestasi terbaru, saat FLS2N yaitu Seni Tari meraih juara III, sementara seni musik tradisi meraih Juara II untuk tingkat Kota Surakarta.

Duta Budaya Baresti Ayuwidi Arsanto dan Allama Rozan Firdaus, saat itu mendapat tugas menjaga stand pameran Gelar Inovasi. Baresti Ayuwidi bercita-cita menjadi dosen, sementara Rozan ingin menjadi dokter. (poskita)

Kunjungilah : Balkesmas Wilayah Pati yang Kekurangan Tenaga Dokter

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *