SUKOHARJO,rodhisolo.info – Pada Sabtu dan Ahad (18-19 11/2017), Komisi C DPRD Provinsi Jawa Tengah, memenuhi undangan dari Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBTPH) Wilayah Surakarta untuk melaksanakan panen padi. 
Luas lahan yang dipanen seluas 1,5 hektare, dari 6 hektare luas lahan total. Varietas padi yang dipanen adalah jenis WAY APOBURU. Dengan kelas benih BD, perkiraan hasil untuk 1,5 hektare, sebesar 10,8 ton.
Anggota Komisi C Muhammad Rodhi yang turut hadir dalam acara itu menuturkan, kegiatan panen padi ini memang sudah dijadwalkan sebagai represntasi dan kiprah wakil rakyat di lapangan. Dari pengamatan proses panen dilaksanakan dengan cara-cara tradisional.
“Kami panen memakai alat tradisional, yaitu sabit, tapi juga memakai alat modern”, kata Rodhi
panen-BBTPH-padi
Pada kesempatan itu, wakil rakyat yang mengikuti panen juga mendapatkan kesempatan untuk mencoba mengoperasikan alat modern crown combine.
“Alat modern ini masih pinjam”, ungkap kepala BBTPH Wilayah Surakarta, Neni ES yang turut mendampingi.
 
Menanggapi sejumlah masukan dari  Kepala BBTPH Wilayah Surakarta Neni ES, Muhammad Rodhi menyampaikan bahwa mestinya Dinas Pertanian Pemprov Jateng memperhatikan kebutuhan BBTH, termasuk alat panen modern. Ketua Fraksi PKS DPRD Jateng ini berharap agar bisa dianggarkan, sehingga akan meningkatkan produktivitas, yang nantinya juga akan meningkatkan pendapatan.
padi-BBTPH-panen
 
“Kami di komisi C memang berusaha agar ada peningkatan pendapatan di Jawa Tengah dari berbagai sektor, tapi kami juga realistis, bahwa kalau kami meminta kenaikan pendapatan, maka kami juga perlu memberikan sarana dan kebutuhan untuk meningkatkan pendapatan tersebut,” ungkap Rodhi.
Ke depan lanjut politikus asal Solo itu, BBTPH Wilayah Surakarta, yang saat ini juga sudah merupakan salah satu balai benih terbaik di Indonesia, bisa menjadi tempat pelatihan bagi balai benih yang lain, meskipun masih perlu diberikan sarana dan prasarana pendukung terhadap BBTPH Wilayah Surakarta. (*)  
 
BBTPH-padi-panen
 
 
Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *