BOYOLALI – Sejak diopersionalkan pertama kali pada 1997 sampai sekarang Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali belum pernah mengalami pembenahan secara total. AHD hanya memperoleh penambahan fasilitas di antaranya pembangunan tandon air dan penyediaan fasilitas tambahan lainnya yang dilakukan oleh Pemprov.
Saat berkunjung ke AHD pekan lalu, ketua Fraksi PKS DPRD Jateng, M rodhi mengemukakan kesepakatannya bila ada penambahan fasilitas-fasilitas baru fasilitas publik yang dikelolah oleh Pemprov Jateng. Simak lebih lanjut fasilitas di AHD lewat warto solo.
“Saat ditemui Pak Joko (Kasi Promosi dan Pelayanan Unit Pengelola Aset Daerah Wilayah Surakarta dan AHD, Joko Pujiono -red) saya mendapatkan masukan soal rencana penambahan fasilitas baru seperti rencana pembangunan replika pesawat (mock-up) penambahan fasilitas manasik haji, pembangunan gedung penginapan satgas haji (panitia penyelenggara ibadah haji/PPIH) dan penambahan kanopi dari gedung Makkah ke masjid. Saya pikir usulan ini masuk akal dan segera dipenuhi,” ujar M Rodhi.

Baca pula : Ini Dia Sosok Dibalik Kelahiran Perda Difabel Solo

kunjungan-ahd-byl11
Berbincang dengan pejabat AHD Boyolali

Rodhi yang saat ini duduk di Komisi C DPRD Jateng menuturkan, pemenuhan fasilitas-fasilitas tambahan di AHD ini wajib didukung berbagai pihak dan penduduk Jateng/DIY. Pasalnya fasilitas tambahan yang diusulkan ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BKPH) ini juga diperuntukan bagi warga Jateng, terutama jamaah umrah/calon haji yang hendak beribadah ke Tanah Suci.
Ia berencana menyampaikan hasil laporan kunjungan kerjanya ini ke pimpinan dewan termasuk lembaga terkait.
“Nanti saya laporkan hasil kunjungan ini. Sebab saya datang ke sini karena ada informasi di media massa, AHD akan menambah fasilitas. Karena AHD menjadi aset penting pemprov sudah semestinya dikawal usulan itu,” tandasnya.

Berharap direalisasikan 

Saat didampingi Joko Puiyono berkeliling AHD, wakil rakyat asli Solo ini mengakui potensi AHD lebih besar lagi dan setara dengan asrama haji besar di Indonesia terbuka luas. Apalagi ada rencana penambahan Mock-up pesawat sampai dengan penyempurnaan fasilitas manasik haji.
Ia yakin fasilitas-fasilitas baru ini akan meningkatkan pelayanan AHD yang ada di Kecamatan Ngemplak, Boyolali ini dan secara otomatis meningkatan pendapatan asli daerah dari sektor retribus.
Lebih lanjut M Rodhi menyoroti tentang penanganan pasokan listrik dan pengelolaan retribusi parkir dan penambahan fasilitas seperti MCK, kantin dan parkir kendaraan.

kunjungan-ahd-byl5
Cek Kondisi jenset di AHD Boyolali

Sementara itu, Kasi Promosi dan Pelayanan Unit Pengelola Aset Daerah Wilayah Surakarta dan AHD, Joko Pujiono mengharapkan ada dukungan dari legislatif dan BPKH untuk usulan penambahan fasilitas baru ini.
Adapun Kepala Unit Pengelolaan Aset Daerah Wilayah Surakarta dan AHD, Yuliati mengatakan, usulan penambahan fasilitas AHD sudah diusulkan ke BPKH. Pihaknya juga mengharapkan usulan tersebut segera direalisasikan.
Seperti dikutip dari portal Kantor Wilayah Kementerian Agama Jateng, BPKH berencana menambah beberapa fasilitas baru guna meningkatkan layanan kepada Jemaah Haji. Kunjungan Anggota Dewan Pengawas BPKH Moh. Hatta), Anggota Badan Pelaksana BPKH (A. Iskandar Zulkarnain) dan Kepala Divisi Komunikasi BPKH (Tanti Widia) ini dalam rangka silaturahmi sekaligus dengar pendapat dengan stakeholder Embarkasi Solo, (03/08).

Kunjungi pulaReses, Muhammad Rodhi Gelar Pengobatan Gratis Bersama RSJD Surakarta

Dalam kunjungannya itu, BPKH akan menghadirkan fasilitas tambahan berupa replika atau mockup pesawat terbang yang didalamnya mirip dengan aslinya untuk mengatasi problem para calon jemaah haji yang tidak terbiasa bepergian jauh menggunakan pesawat.

“Penyediaan mockup pesawat yang di dalamnya persis pesawat asli, ada kursi, toilet, sehingga jemaah nanti terbiasa. Maklum jemaah kita dari daerah-daerah, hampir seluruh jamaah haji dari Indonesia berusia lanjut (lansia). Selain itu mereka berasal dari berbagai kalangan. Jangankan ke Arab, mungkin keluar daerah baru saat ini. Sehingga kita mencoba membiasakan jemaah.” kata Iskandar Zulkarnain di sela-sela kunjungannya.

Rencana pengadaan mockup pesawat ini tidak terlepas dari kunjungannya ke Embarkasi Makasar sebelumnya. Disampaikannya bahwa dari seluruh Embarkasi di Indonesia, hanya Embarkasi Makkasar, Sulawesi Selatan saja yang sudah memiliki mockup pesawat.

“Kita sudah studi banding ke Makkasar. Kalau disini ada tempat dan nilai manfaatnya lebih besar ya kita upayakan,” tandasnya.

Lebih lanjut, mengenai pelayanan jemaah di Embarkasi Solo, ia mengatakan ada beberapa fasilitas yang bisa ditambah untuk peningkatan pelayanan. Antara lain mobil ambulans serta mobil khusus pengangkut jemaah yang lansia ataupun berkebutuhan khusus dari Embarkasi ke bandara.

“Ruangan untuk petugas 280 orang, sepertinya ruangannya kurang memadai, kita analisa karena ruangan petugas sangat penting untuk kualitas penyelengara.

kunjungan-ahd-byl10
Kunjungi lokasi yang dipakai untuk penambahan fasilitas manasik haji

 

Simak juga : Pengelolaan Maerokoco Tidak Serius, Ini Penilaian Wakil Rakyat

Bagikan:

One Reply to “M Rodhi Sepakat Dipenuhinya Penambahan Fasilitas Asrama Haji Donohudan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *