SOLO – Perbukitan kapur dan padas juga ada di sejumlah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Wonogiri, sebagian Kabupaten Sukoharjo. Lalu kawasan di Pegunungan Kendeng, Blora, Kabupaten Sragen, Boyolali, dan lokasi-lokasi lainnya di Jateng juga memiliki potensi ini
Semestinya Pemprov Jateng turut mengembangkan ide merubah perbukitan kapur padas yang hanya bisa dimanfaatkan untuk lokasi penambangan galian C menjadi lokasi wisata.

Simak : Patska Prebawa, Cara SMPN 4 Surakarta Uri-uri Budaya Jawa

Anggota Komisi C DPRD Jateng, Ir Muhammad Rodhi sepakat bila bekas lokasi galian C ini dikembangkan menjadi objek wisata. Bila dikembangkan bersama pemerintah dan warga lokal, maka akan menjadi pemasukan bagi daerah.
“Saya setuju dan sepakat bila konsep pengembangan Wisata Goa Pote Bukit Jaddih di Bangkalan Madura ditiru di Jateng. Tentu saja potensi wisata ini akan memberikan pemasukan dari sektor wisata kepada warga setempat dan pemerintah daerah,” katanya.

Baca : Wisata Goa Pote Bukit Jaddih, Sulap Bukit Kapur jadi Wisata Eksotis

Baca : UMKM Jateng perluas Pasar ke Samarinda

Ketua Fraksi PKS DPRD Jateng ini mengimbuhkan, kawasan di Wonogiri, Blora, Sragen, Karanganyar dan banyak tempat lainnya di Jateng ini yang kaya bukit kapur atau padas banyak dipakai untuk aktivitas galian C. Semesetinya setelah proses penambangan selesai, bukit kapur ini diarahkan menjadi objek wisata.
“Ya, nanti kami bicarakan di tingkat legislatif dan ekeskutif agar konsep semacam ini digagas dan dikembangkan di Jateng,” imbuh wakil rakyat asl Solo yang masuk dari Dapil Kota Surakarta, Sukoharjo dan Klaten, Boyolali.

bukit-jaddih-bangkalan1

Simak : Rasio Elektrifikasi Warga tak Mampu di Tegal Panen Pujian

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *