SRAGENPimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah berkunjung ke Panti Layanan Sosial Disabilitas Grahita Raharjo Sragen, Sabtu (15/12). Para wakil rakyat di antaranya Tety Indarti, SE dan Ir H Muhammad Rodhi menjumpai kondisi memprihatinkan di lembaga tersebut. Kunjungan perwakilan lembaga legislatif ini diterima Kabag TU Suwarno, Pengelola Kepegawaian Asti Sri Widyati, Kasi BimResos Marsono, dan Kasi Penyantunan Haniek MM.

Seperti yang disampaikan Ir H Muhammad Rodhi setelah mendapatkan laporan dari pengelola panti, kondisi panti ini memerlukan perhatian serius.
“Melihat kondisi riil di lapangan, maka perlu peningkatan uang makan. Panti in perlu mendapatkan fasilitas isi ruang pelatihan, karena beberapa suda ada yang rusak. Perlu pembangunan gedung baru, yang lebih representati. Dan terakhir untuk meningkatkan pendapatan daerah, dari sektor pemakaian kekayaan daerah, perlu dibuatkan aula dengan kapasitas 500-1000 tamu.”

Baca : Kunjungan Komisi C DPRD Jateng, Pengurus BKK Salatiga Diwanti-wanti Pertahankan Kinerja

Baca : Muhammad Rodhi Apresiasi Kinerja BPR BKK Boyolali

grahita-sragen3

Wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera ini juga menyampaikan, kebutuhan dasar seperti makan bagi penghuni panti juga perlu ditingkatkan. Dari pengamatannya, uang untuk makan anak-anak penerima manfaat, sebesar Rp 20.000/hari, padahal sehari 3 makan, Itu masih dipotong pajak. Terkait kebutuhan sarana fisik dan fasilitas ruangan, pimpinan Frasi PKS ini menyatakan banyak bangunan fisik yang rusak.

“Sebagai pengganti aula yang sekarang sudah banyak yang rusak dan kurang memadai dipakai, yang nantinya bisa disewakan untuk hajatan atau keperluan lain. Lalu perlu penambahan uang makan, karena makan dengan harga Rp.6.000,- per kali makan, akan didapatkan makanan tidak bergizi,” tegas wakil rakyat asal Solo ini.
Rodhi juga menyampaikan, di panti itu dikelola 33 pegawai ASN, dan 10 tenaga kontrak dinas. Adapun penerima manfaat ada sekitar 173 anaktuna grahita. Perinciannya ada 67 anak putri, dan 58 anak putra. Mereka yang cacat tubuh, putri 22 anak dan putra 28 anak.(red)

grahita-sragen2

Simak juga : M Rodhi Sepakat Dipenuhinya Penambahan Fasilitas Asrama Haji Donohudan

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *